Text 17 Mar 54 notes Jangan Salah Sebut Antara PTC dan PPC

Satu atau beberapa postingan yang mungkin terdengar bodoh di telinga oleh sebagian orang, tapi entah kamu boleh percaya atau tidak ternyata saya masih sering baca orang yang menyamakan istilah antara PTC sama PPC, entah memang si penulis itu ngerti atau ngga yang jelas disini saya akan menginformasikan apa itu PPC dan apa itu PTC.

 

Pada dasarnya keduanya merupakan sama-sama program periklanan yang berhubungan dengan klik meng klik iklan. Mungkin sebagian besar, program PTC dan PPC sama-sama memiliki Affiliate Programs, ya tujuannya sih buat ngajak orang dan duit online terbesarnya adalah dari sistem referral tersebut.

 

Tapi ternyata, tau tidak tau bahwa sebenarnya di balik semua itu terdapat perbedaan yang sangat mencolok.

 

PTC kepanjangan dari “Paid To Click”, sedangkan PPC adalah “Paid Per Click”. Memang tidak beda jauh, cuma beda di “To” ama “Per” doank. Tapi pada kenyataannya arti dari bahasa Indonesianya yaitu di bayar “untuk mengklik” dan di bayar “per” klik.

 

Pertama :

Pada PTC kita di bayar buat mengklik iklan = “melakukan klik iklan dengan sengaja oleh diri kita sendiri”. Sedangkan PPC, iklan yang ada justru TIDAK boleh kita klik sendiri (apalagi atas dasar kesengajaan), melainkan harus di klik oleh orang lain yang memang butuh informasi lebih jauh mengenai iklan tersebut, dan pendapatan kita (publisher) di tentukan oleh seberapa sering iklan tersebut di klik orang lain dan seberapa besar harga iklannya.

 

Kedua :

Pada PTC sama sekali tidak dibutuhkan adanya blog atau website sendiri untuk menjalankannya, sedangkan PPC, kita harus memiliki blog/website untuk menampilkan iklan dari para advertiser (pemasang iklan).

 

Ketiga :

Tingkat SCAM (penipuan) pada program PTC relatif tinggi, mengingat umumnya program seperti ini tidak dikelola secara proffesional, dugaan saya sih mungkin kurang dari 1% lah dari keseluruhan program PTC di seluruh dunia yang benar-benar terpercaya dan membayar. Jadi kalo kamu pengen ikutan program begini, cari informasi dulu tentang penyedia PTC tersebut. Untuk PPC tingkat penipuannya relatif lebih sedikit, tapi bukan berarti tidak ada sama sekali. Hal ini dikarenakan program program PPC pada umumnya memang dikelola secara proffesional oleh perusahaan besar, legal dan  terpercaya.

 

Dari kedua jenis program tersebut saya lebih senang PPC, karena beberapa alasan diatas yang udah saya tulis. Tapi inget bukan berarti saya menganggap PTC itu cuma program yang main-main, karena pada dasarnya apapun program yang dijalani apabila kita melakukannya dengan serius, ikhlas dan penuh ketekunan, tentu kita akan merasakan hasil dari jerih payah kita. Tapi inget, program ini ngga bisa kita jadikan sebagai pekerjaan utama, melainkan hanyalah usaha sampingan semata.

  1. tifannygirl posted this

Design crafted by Prashanth Kamalakanthan. Powered by Tumblr.